Sabtu, 25 Desember 2010

cerita anak saleh


KISAH BERKAT DI SEBALIK MEMBACA BISMILLAH


”Bismillahirrahmannirrohim”: Dengan menyebut nama Allah yang maha Pengasih lgi maha Penyayang”. Kalimat tersebut adalah bagian dari ayat pertama dari surat Al-Fatihah. Surat pembuka dalam kitab suci Al-Qur’an. Namun kalimat Bismillahirrahmanirrahim bukanlah sekedar sebagai ayat pertama dari surat Al-Fatihah semata, tetapi dibalik kandungan ayat tersebut tersimpan sejuta makna dan manfaat dalam kehidupan kita diantaranya dengan membaca Bismillah diawal pekerjaan, insya Allah kita akan selalu mendapat perlindungan Nya dari segala hal yang buruk. Dengan memperbanyak bacaan Basmalah kita akan mendapatkan ridha Allah akan semua keinginan kita, dan masih banyak lagi hikmah dan manfaat dari bacaan Basmalah.

Dalam kisah ini akan diceritakan bagaimana seseorang mendapat perlindungan Allah dari fitnah berkat kebiasaannya selalu mengucap Basmalah setiap kali melakukan pekerjaan. Dan dengan bacaan Basmalah itu pula dapat mengembalikan keimanan seseorang.

Ada seorang perempuan tua yang taat beragama, tetapi suaminya seorang yang fasik dan tidak mau mengerjakan kewajiban agama dan tidak mau pula untuk berbuat kebaikan.
Perempuan itu mempunyai kebiasan sentiasa selalu membaca Bismillah setiap kali hendak berkata-kata dan setiap kali dia hendak memulai suatu pekerjaan  sentiasa didahului pula dengan Bismillah.
Suaminya tidak suka dengan sikap isterinya dan sentiasa memperolok-olokkan isterinya. Suaminya berkata sambil mengejak, " Selalu Bismillah, Bismillah. Sebentar-sebentar Bismillah." Isterinya tidak pernah berkata apa-apa bila suaminya mengejek, sebaliknya dia berdoa kepada Allah S.W.T. supaya memberikan hidayah kepada suaminya.
Suatu hari suaminya berkata :"Suatu hari nanti akan aku buat kamu kecewa dengan bacaan-bacaanmu itu."
Suatu hari suaminya ingin membuat isterinya berhenti mengucapkan Bismillah. Dengan membuat sesuatu yang menjadikan istrinya bersalah, dia memberikan uang yang banyak kepada istrinya dengan berkata: "Simpan uang ini !." Istrinya mengambil uang itu dan menyimpan di tempat yang selamat, di samping itu suaminya telah melihat pula tempat menyimpan uang isterinya. Kemudian dengan mengendap-endap suaminya itu mengambil uang tersebut dan membuangnya  tas yang berisi uang ke dalam tempat pembuangan air di belakang rumahnya. Dan istrinya tidak mengetahui hal itu.

Setelah beberapa hari kemudian suaminya itu memanggil istrinya dan berkata, "Berikan padaku uang yang aku berikan kepada engkau untuk  disimpan itu ." Kemudian isterinya pergi ke tempat dia menyimpan uang itu dan diikuti oleh suaminya, dengan berhati-hati dia menghampiri tempat dia menyimpan uang itu, dia membuka dengan membaca, "Bismillahirrahmanirrahiim." Ketika itu Allah S.W.T. menghantar malaikat Jibrail A.S. untuk mengembalikan tas yang berisi uang dan menyerahkan uang itu kepada suaminya kembali.

Alangkah terperanjat suaminya, dia berasa bersalah dan mengakui segala perbuatannya kepada istrinya, ketika itu juga dia bertaubat dan mulai mengerjakan perintah Allah, dan dia juga membaca Bismillah apabila dia hendak memulai sesuatu pekerjaan.

Dari cerita diatas dapat diambil satu pelajaran yang sangat berharga adalah:
  1. Dengan membaca kalimat “Bismillahirrahmanirrahim” pada setiap awala perkataan dan pekerjaan kita   insya Allah kita selalu dapat perlindungan Allah S.W.T.
  2. Kita jangan menjadi orang yang takabur dan sombong dengan merendahkan Allah.
  3. Kita harus mempunyai keyakinan bahwa bila kita dekat dengan Allah SWT. Pasti Allah juga dekat dengan kita.

Dengan cerita tersebut, kita hendaknya juga selalu membiasakan untuk mengucapkan kalimat-kalimat tayibah di setiap saat diantaranya: Alhamdulillah; Subhanallah; Allahuakbar. Mudah-mudahan dengan kebiasaan kita membaca kalimat tayibah Allah selalu membimbing kita pada jalan hidup yang lurus. Amiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar